Kamis, 17 Januari 2013

Cara Tips Merawat Printer yang Baik

Printer sama juga seperti layaknya Orang, dan juga komputer, sama-sama ingin mendapatkan perhatian dan perawatan yang baik dan benar. Apalagi anda sering cetak yang halamannya full gambar seperti A4 dan ditambah dengan cetak gambar yang ngebok atau pekat, contoh gambar yang full merah atau hitam, itu bisa memperpendek usia printer. Untuk lebih jelasnya berikut ini tips agar printer anda tidak mudah rusak :

1. Printer Jangan Lama Menganggur, maksunya disini printer anda jangan terlalu lama tidak dipakai, paling tidak anda harus cetak 1 sampai 2 halaman dengan semua warna harus merata, agar head bisa bekerja semua, sehingga head bisa bekerja dengan baik.

2. Catridge Jangan Sampai Kosong, jangan biarkan catridge printer anda kosong, segeralah isi. tips ini berguna bagi anda yang printernya menggunakan tinta isi ulang atau menggunakan tinta infus.

3. Pin CMOS Jangan di Sentuh, pada saat anda mengisi tinta jangan sampai CMOS tersentuh, karena akan mengakibatkan printer tidak bekerja. Bagian pin itu biasanya sudah ditandai dengan gambar telapak tangan yang disilang.

4. Jangan Ganti Merek Tinta, gunakan selalu tinta yang sama dengan tinta pada saat anda membeli printer, kalau anda memang mau ganti tinta dengan merek lain, usahakan bersihkan catridge dan head printer dengan tissu yang halus dan berhati-hati, dan jangan lupa bersihkan tabung tinta kalau anda menggunakan infusan.

5. Jangan Pakai Kertas yang lecek atau Kotor, maksudnya kalau kertas kotor biasanya ada debu yang nempel, sehingga akan mengakibatkan debu yang ada pada kertas akan nempel pada head printer.

6. Bersihkan Bodi Printer, untuk membersihkan bodi printer gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit, jangan lupa printer matikan jangan membersihkan pada waktu hidup

7. Matikan Sesuai Aturan, maksudnya disini printer matikan sesuai dengan prosedur, yaitu dengan menekan tombol off, kemudian cabut kabel yang terhubung dengan listrik. jangan anda matikan printer langsung mencabut kabel dari listrik

8. Tutup Printer dengan Baik, anda dapat menutup printer dengan kain, jangan menggunakan penutup printer yang tidak mendukung, artinya printer memerlukan udara jangan terlalu lembab, seimbangkan dengan keadaan ruangan anda.

9. Jangan Matikan Langsung Printer Anda, kalau printer anda sering digunakan terus menerus dalam jangka waktu lama, biasanya printer memiliki batasan jumlah cetak. Setiap kali anda menghidupkan printer, itu termasuk penambahan jumlah cetak. Untuk itu kalau pekerjaan anda banyak, jangan dimatikan, biasanya ini dinamakan blinking yang ditandai dengan lampu merah pada printer berkedip terus-menerus.

10. Jangan Cetak Gambar Terlalu Pekat, kalau anda mau cetak gambar atau tulisan yang pekat usahakan diberi waktu untuk cetak ulang kembali sekitar 5 menit sampai sepuluh menit. Kalau anda sering mencetak gambar atau tulisan yang pekat akan memperpendek usia head

Demikian tips ini saya tulis semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar